Visi

Terwujudnya masyarakat ilmiah yang semakin  taqorub kepada Alloh SWT, masagi,  mandiri, babakti dan kompetitif”. Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.

Misi

Untuk mewujudkan visi SMA Negeri 7 Garut, sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut :

  1. Terwujudnya masyarakat ilmiah;
  2. Sekolah yang memenuhi semua standar pendidikan nasional.
  3. Manajemen yang mampu menciptakan dan memfasilitasi kegiatan ilmiah bagi semua warganya.
  4. Melakukan penelitian ilmiah untuk kepentingan akademik maupun untuk pengembangan SMAN 7 Garut.
  5. Memiliki tenaga pendidik dan kependidikan  yang profesional dan memiliki budaya ilmiah.
  6. Terwujudnya masyarakat yang taqorub kepada Allah SWT ;
  7. Selalu menjalankan peribadatan sesuai dengan ajaran Islam.
  8. Beperilaku ikhsan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah.
  9. Semakin menunjukan perilaku positif dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT.
  10. Masagi ;
  11. Semakin meningkatkan kemampuan akademis terutama aspek kognitif selalu di atas KKM.
  12. Semakin menunjukkan sikap perilaku yang baik dan dinamis.
  13. Semakin meningkatkan keterampilan hidup (life skill) yang mengarah pada vocational skill.
  14. Mandiri ;
  15. Semakin menunjukan sikap dewasa dalam berorganisasi.
  16. Menjadi lembaga yang mampu mengembangkan potensi sendiri  untuk kesejahteraan seluruh warganya.
  17. Para siswa dan lulusan memiliki bekal yang mampu diterapkan dalam kehidupan tanpa menjadi beban pembangunan.
  18. Babakti ;
  19. Dengan bekal  sikap positif, pengetahuan atas iptek dan keterampilan yang bersaing dengan yang lain mampu mengabdikan dirinya pada  lapangan pengabdian apapun.
  20. Memiliki kepedulian yang tingi kepada sesama warga.
  21. Memiliki tingkat partisipasi yang tinggi dalam memajukan sekolah.
  22. Kompetitif ;
  23. Mampu memenangkan persaingan di bidang akademis.
  24. Mampu memenangkan persaingan di bidang non akademis.
  25. Mampu memenangkan persaingan dalam  di dunia kerja

Tujuan

  1. TujuanUmum

Meningkatkan keunggulan potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

  • Tujuan Khusus
  • Mewujudkan mutu lulusan
  • Bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • Berpengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sebagai dukungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
  • Berketerampilan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
  • Merumuskan struktur kurikulum

Menyusun struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan memuat kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan); materi pelajaran yang perlu Peserta didik kuasai; penyebaran peta beban belajar Peserta didik yang memungkinkan Peserta didik dapat mengembangkan potensi diri dan prestasi secara optimal secara alamiah melalui proses pengalaman belajar yang efektif.

  • Penyelenggaraan Pelayanan Belajar

Terselenggara pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan sistem perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian yang terbaru melalui kerjasama guru dengan indikator:

  • Seluruh guru menyusun RPP yang memenuhi kebutuhan Peserta didik mengembangkan potensi dan prestasinya.
  • Disain pembelajaran pada seluruh mata pelajaran sesuai konteks satuan pendidikan
  • Memenuhi standar proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (menerapkan metode inkuiri, pemecahan masalah, dan proyek)
  • Mendayagunakan sumber belajar yang beragam dengan memanfaatkan data yang terdekat, konkrit sampai yang abstrak.
  • Mendayagunakan kerjasama internal dan eksternal sekolah dengan melibatkan orang tua Peserta didik secara bijak.
  • Mengembangkan model penilaian yang mendorong Peserta didik belajar dan bekompeten.
  • Mengoptimalkan pendayagunaan waktu secara efektif dan efisien.
  • Meningkatkan keunggulan Peserta didik secara kolaboratif.
  • Mengevaluasi perkembangan belajar secara berkala melalui pertemuan dewan guru.
  • Mengembangkan inovasi pelayanan belajar sebagai tindak lanjut dari data hasil evaluasi.